DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ARCGIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2022/2023
PENGARANG:APRILIA GANESTIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


“Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran ArcGIS Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2022/2023”

Oleh: Aprilia Ganestia (1910115220009)

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin

 

ABSTRAK

Proses pembelajaran geografi di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin yang tidak memanfaatkan penggunaan media pembelajaran berbasis sistem informasi geografi menyebabkan kurang pahamnya peserta didik dalam memahami materi sistem informasi geografi dan akibatnya peserta didik tidak bisa menjawab pertanyaan guru setelah diberikan penjelasan materi sistem informasi geografi dan menyebabkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran sistem informasi geografi. Hal itu mendorong peneliti untuk melakukan percobaan penggunaan media pembelajaran sistem informasi geografi (ArcGIS). Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk menganalisis efektivitas dari penggunaan media pembelajaran sistem informasi geografi (ArcGIS) terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Pemilihan sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin dilakukan atas hasil observasi dan wawancara peneliti terkait media pembelajaran geografi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah 13 orang peserta didik kelas X. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh yaitu menggunakan seluruh populasi sebagai sampel dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest) dan rubrik keterampilan tahap kerja sistem informasi geografi. Analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen dan analisis inferensial parametrik berupa uji t dan uji hipotesis dengan uji prasyarat berupa normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan (treatment) sebesar  31,3 dari rata-rata nilai 52,08 menjadi 83,38. Selain itu, pada perhitungan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ho jatuh pada daerah penolakan dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sistem informasi geografi (ArcGIS) efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin.

Kata Kunci: Efektivitas, Media Pembelajaran, ArcGIS, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI