DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin
PENGARANG:ASISKA JANE PUSPITASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


Rendahnya capaian pembelajaran peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin dalam mata pelajaran geografi salah satunya dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru. Berdasarkan hal ini, maka cara meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik salah satunya dengan penerapan pedoman proses belajar model project based learning. Pada penelitian, tujuan penerapan model project based learning iialah untuk menilain keefektifan proses belajar dalam meninkatkan capaian belajar peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jenis riset penelitian one group pretest dan posttest. Populasi penelitian berupa peserta didik kelas XI dengan jumlah 18 peserta didik. Temuan pada riset  menunjukkan penerapan model project based learning meningkatkan hasil pembelajaran. Hasil perhitungan uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai (Sig.) sebesar 0.000 artinya nilai kurang dari 0.005. Berdasarkan hal ini maka diketahui penerapan model project based learning efektif menaikan capaian belajar peserta didik pada pelajaran geografi kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banajrmasin.

Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran, Proyek, Project Based Learning, Hasil Belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI