DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KINERJA GURU, POLA ASUH GURU DAN PEMBIASAAN ORANG TUA DENGAN DISIPLIN ANAK DI GUGUS TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:TRI PURNASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


Disiplin adalah suatu perilaku yang sangat penting untuk ditanamkan pada anak usia dini. Sikap disiplin harus dikembangkan secara terprogram, terarah, terus menerus hingga menjadi kebiasaan positif bagi anak yang sesuai dengan aturan yang ada di masyarakat. Membangun sikap disiplin membutuhkan banyak dukungan dari semua komponen seperti orang tua, lingkungan sekitar, lingkungan sekolah dan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kinerja guru, pola asuh guru dan pembiasaan orang tua dengan disiplin anak.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan bentuk penelitiannya adalah studi hubungan. Populasi penelitian sebanyak 225 orang di Gugus Taman Kanak-kanak Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Random Sampling sehingga didapat responden sebanyak 144 responden. Data penelitian dianalisis secara deskriptif, regresi linier dan analisis jalur.

Hasil penelitian menemukan bahwa 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru dan disiplin anak, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh guru dan disiplin anak, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembiasaan orang tua dan disiplin anak, 4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru dan pembiasaan orang tua, 5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh guru dan pembiasaan orang tua, 6) terdapat hubungan tak langsung antara kinerja guru dengan disiplin anak melalui pembiasaan orang tua, 7) terdapat hubungan tak langsung antara pola asuh guru dengan disiplin anak melalui pembiasaan orang tua.

Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar lebih meningkatkan kerjasama antara guru dan orang tua dengan membuat program yang lebih terarah serta berkesinambungan untuk dilaksanakan di sekolah dan di rumah. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI