DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONSTRUKSI 'CANTIK ITU PUTIH' DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PEREMPUAN USIA 18-24 TAHUN DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SYIFA NUR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


Syifa Nur Azizah. 1910414220035. Konstruksi ‘Cantik Itu Putih’ Dalam Membangun Kepercayaan Diri Perempuan Usia 18-24 Tahun Di Kota Banjarmasin. Di bawah bimbingan Fahrianoor.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi 'cantik itu putih' dalam membangun kepercayaan diri perempuan usia 18-24 tahun di Kota Banjarmasin. Penelitian ini disusun berdasarkan pengalaman para informan yang terdampak akan adanya mitos berupa kulit putih sebagai standar kecantikan masyarakat Kota Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data lalu dianalisis menggunakan teknik analisis fenomenologi Creswell. Informan yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 6 informan kunci dan 3 informan pendukung di bidang industri kecantikan, kesehatan, dan psikologi.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa para informan kunci mempersepsikan konstruksi ‘cantik itu putih’ secara intersubjektif dari lingkungan dan subjektif dari kepercayaan diri sendiri. Media komunikasi yang mengkonstruksikan mitos ini adalah komunikasi massa, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, serta komunikasi berbasis new media. Tindakan yang dilakukan para informan untuk mencapai kulit putih antara lain menggunakan pemutih badan tanpa izin edar BPOM, melakukan suntik putih, serta mengonsumsi minuman kolagen. Informan kunci menganggap kulit putih akan mendatangkan pujian, penerimaan masyarakat, serta kepuasan diri bagi mereka.

Kata Kunci: konstruksi sosial, mitos kecantikan, perempuan, kepercayaan diri

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI