DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PROSES TUMBUH KEMBANG ANAK (STUDI PADA ORANG TUA SINGLE PARENT DI KALIMANTAN SELATAN)
PENGARANG:Marshanda Aurellia Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-08


Keluarga adalah lingkungan yang paling kuat dan berperan penting dalam perkembangan anak, di salah satu rumah sakit besar di Kalimantan selatan tercatat bahwa tidak sedikit anak yang memiliki permasalahan dalam tumbuh kembangnya. Diantarnya ada beberapa keluarga yang dipimpin oleh orang tua tunggal. Mengetahui masalah yang sering dihadapi keluarga orang tua tunggal adalah masalah anak. Hal tersebut bisa saja menyebabkan pola asuh terhadap anak tidak bisa maksimal sehingga hal tersebut dapat berdampak pada tumbuh kembang anak. Dalam penelitian ini, yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan komunikasi keluarga terhadap proses tumbuh kembang anak (studi pada orang tua single parent di kalimantan selatan).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Menggunakan tiga teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ada 4 keluarga yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi data, dan  metode analisis datanya yaitu dengan mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan komunikasi keluarga terhadap proses tumbuh kembang anak (studi pada orang tua single parent di kalimantan selatan), mengetahui bahwa peran utama yang dapat mereka penuhi sebagai orang tua tunggal adalah untuk memberi nafkah bagi keluarga mereka. sebuah tanggung jawab yang besar sebagai orang tua tunggal yang harus memenuhi kehidupan anaknya sampai akhir pendidikan mereka. Sebagai orang tua tunggal untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak dapat di lihat dari indikator komunikasi interpersonal yaitu, keterbukaan, empati, sikap mendukung, kesetaraan, dan sikap positif. Dari pernyataan setiap informan mengetahui bahwa 5 indikator tersebut sangatlah penting di dalam sebuah keluarga. hal ini dapat di ketahui bahwa informan yang memenuhi aspek-aspek komunikasi keluarga dengan baik tidak memiliki permasalahan yang signifikan terhadap tumbuh kembang anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI