DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI POTENSI OBJEK WISATA DERMAGA KERENG BANGKIRAI KOTA PALANGKA RAYA
PENGARANG:Agh Gita Safitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-08


Judul dalam penelitian ini adalah “Identifikasi Potensi objek wisata Dermaga Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya potensi wisata pada objek wisata Dermaga Kereng Bangkirai. Sehingga perlu dilakukan identifikasi mengenai potensi apa saja yang ada di Wisata Dermaga Kereng Bangkirai.

Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik accidental sampling dengan populasi dan sampel sebanyak 85 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari observasi dan kuesioner, serta data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi, jurnal, buku, serta artikel. Teknik pengolahan data yang digunakan terdiri dari: editing, scoring, dan tabulating kemudian dianalisis menggunakan Pedoman Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek wisata Dermaga Kereng Bangkirai memiliki potensi wisata berupa potensi wisata alam dan potensi wisata buatan. Namun menurut hasil penilaian kriteria daya tarik wisata, objek wisata Dermaga Kereng Bangkirai mendapatkan nilai rendah pada kriteria daya tarik karena kurangnya variasi kegiatan pada wisata Dermaga Kereng Bangkirai dan nilai tertinggi diperoleh dari kriteria aksesibilitas yang mana akses menuju Wisata Dermaga Kereng Bangkirai memang mudah dijangkau dengan tipe jalan aspal dan tidak jauh dari pusat ibukota.

 

Kata kunci: ADO-ODTWA, Potensi Wisata, Daya Tarik Wisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI