DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) BAKUNCI OLEH DINAS PERUMAHAN RAKYAT KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (DPRKPLH) DI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:MUHAMMAD SAID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-09


ABSTRAK

 

Muhammad Said, 1910411310024, 2023 : “Strategi Pengelolaan Sampah DiTempatPembuanganAkhir (TPA) Bakunci Oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Di Kabupaten Tanah Laut ”.DiBawahBimbinganMuhammad Riduansyah Syafari.

Sampahmerupakan permasalahan yang tiada habisnya yang mana sampah dihasilkan dariaktivitasmanusia yang harusdikeloladengan baik agar sampah tidak menimbulan dampak buruk terhadap lingkungan.Peningkatandarijumlahsampahtidakselaludisertaidenganpengelolaansampahyangoptimal.PengelolaansampahdiTPApunjugamengalamipermasalahansepertikekurangan anggaran,masalahkesehatan,dayatampung yang singkat dan inovasi teknis pada bidang teknologi. Penelitian inimemiliki tujuanuntuk mengetahui strategipengelolaansampahyangadadi TPABakunci.

 

Metode penelitianyangdipakai berupa pendekatan penelitian kualitatifdengan tipe deskriptif kualitatif. Teknik mengumpulkan data berupa wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi aktivitas reduksi, penyajian dan   penarikankesimpulan data.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa ada 1 indikator yang lebih dominan yang sangat mempengaruhi yaitu faktor internal weakness (kelemahan): 1) Angkutan Konvensional; 2) Sistem 3R sebagian kecil; 3) TPST hanya ada 1; 4) sistem yang masih terbilang semi open dumping; 5) Kurangnya ketersediaan alat berat dan teknisi; 6) Keterbatasan anggaran. Dari hasil analisis ini terdapat empat strategi yangdapatdilakukanuntukmengelolasampah, dari empat strategi ini ada dua strategi utama yang dapat di terapkan yaitu: 1) strategi SO (Melakukan inovasi terhadap proses pengelolaan sampah yaitu dengan Penyediaan Teknologi Konveyor Pemilahan Sampah, Mengorganisasikan Para Pemulung Di TPA dan Membuat Barang Bernilai Ekonomis), 2) Strategi WO (Penambahan armada compactor dan alat berat, Menyelenggarakan pelatihan teknis kepada petugas sampah, Mengupgrade metode dalam pengelolaan sampah, Penambahan TPST dan Penambahan anggota pemulung di TPA).

 

KataKunci:Strategi,Pengelolaan Sampah,AnalisisSWOT,TPA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI