DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK KE ORANG TUA SEBAGAI RESOLUSI KONFLIK DALAM HUBUNGAN JARAK JAUH SELAMA KULIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)
PENGARANG:RUSDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-09


ABSTRAK

Rusdiana, 1910414220029, 2023, Komunikasi Interpersonal Anak ke Orang Tua Sebagai Resolusi Konflik dalam Hubungan Jarak Jauh Selama Kuliah (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat). Di bawah bimbingan Sarwani.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah komunikasi interpersonal anak ke orang tua sebagai resolusi konflik dan bagaimanakah bentuk komunikasinya serta faktor pendorong dan penghambat komunikasi interpersonal dalam hubungan jarak jauh selama kuliah studi kasus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Lambung Mangkurat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal anak ke orang tua sebagai resolusi konflik dalam hubungan jarak jauh selama kuliah menggunakan pendekatan menghindar, kolaborasi, akomodasi, dan kompromi. Kemudian untuk bentuk komunikasi interpersonal yang digunakan, yaitu model interaksional (komunikasi dua arah). Faktor pendorong komunikasi interpersonal jarak jauh anak ke orang tua dalam hubungan jarak jauh selama kuliah dari sudut komunikator terdiri dari daya tarik, integritas, kepercayaan dan kredibilitas, serta kepekaan sosial dan kondisi psikologis. Kemudian dari sudut komunikan, yaitu kecakapan seorang komunikan agar mudah menerima dan mencerna materi yang diberikan serta mempunyai pengetahuan luas agar cepat menerima informasi yang diberikan komunikator dan memahami lawan bicara. Selanjutnya dari sudut pesan adalah dibuat agar menjadi bisa diperhatikan dengan baik, isi pesan sesuai dengan data dan fakta yang diberikan, serta menjadi penyelesaian dalam melakukan komunikasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah hambatan mekanik, hambatan semantik, dan hambatan manusiawi.

 

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Resolusi Konflik, Hubungan Jarak Jauh.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI