DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS RASIO KEPATUHAN PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR PANDEMI COVID-19 DAN BANTUAN RELAWAN PAJAK DI KOTA MARABAHAN
PENGARANG:MUHAMMAD THORIQ RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-09


ANALISIS RASIO KEPATUHAN PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR PANDEMI COVID-19 DAN BANTUAN RELAWAN PAJAKDI KOTA MARABAHAN (Oleh: Muhammad Thoriq Ramadhani; Pembimbing: Antonius G. Sondakh, SE, M.Sc, Ak, CA; 2023; 51 Halaman)

Pandemi COVID-19 telah membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk juga pada sistem perpajakan di Indonesia. Salah satu dampak yang mungkin terjadi adalah pada tingkat kepatuhan pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) wajib pajak orang pribadi. Dalam konteks Kota Marabahan, di mana pandemi ini dapat mempengaruhi kinerja ekonomi dan kesadaran wajib pajak, penting untuk menganalisis rasio kepatuhan pelaporan SPT tahunan dan mempertimbangkan pengaruh pandemi COVID-19 serta peran bantuan relawan pajak.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis rasio kepatuhan pelaporan SPT tahunan wajib pajak orang pribadi di Kota Marabahan sebelum dan selama periode pandemi COVID-19. Selain itu, penelitian ini juga akan menginvestigasi peran bantuan relawan pajak dalam meningkatkan tingkat kepatuhan pelaporan.Metodologi penelitian ini akan menggunakan data sekunder dari Dinas Pajak Kota Marabahan dan data statistik lainnya untuk memperoleh informasi tentang jumlah wajib pajak, tingkat kepatuhan pelaporan, dan dukungan bantuan relawan pajak. Data-data ini kemudian akan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan analisis komparatif untuk menggambarkan perubahan rasio kepatuhan sebelum dan selama pandemi COVID-19, serta peran bantuan relawan pajak dalam mendorong pelaporan SPT Tahunan.

 

Kata Kunci: Relawan, Pandemi, Marabahan, SPT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI