DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 3 BANJARBARU
PENGARANG:AYU DITA APRILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-09


ABSTRAK

Latar Belakang: Remaja merupakan masa peralihan untuk menuju dewasa. Remaja putri berisiko menderita anemia karena selama satu bulan sekali mengalami haid sehingga membuat kebutuhan zat besi lebih tinggi. Remaja putri memiliki resiko lebih tinggi mengalami anemi penurunan disebabkan oleh perkembangan biologis yang meliputi perubahan anatomi-fungsional, psikologis, kognitif, sosial dan emosional. Penyebab anemia asupan gizi yang tidak adekuat, sel darah merah yang hilang diakibatkan oleh trauma, infeksi serta mestruasi. Kepatuhan mengkonsumsi tablet tambah darah di ukur dari ketepatan jumlah tablet yang dikonsumsi, ketepatan cara mengkonsumsi tablet zat besi, frekuensi konsumsi perhari.

Tujuan: Mengetahui gambaran kepatuhan konsumsi tablet tambah darah remaja putri di SMA Negeri 3 Banjarbaru.

Metode: Penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Sampel berjumlah 196 siswi di SMA Negeri 3 Banjarbaru dengan Consecutive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepatuhan konsumsi tablet tambah darah. Analisis data menggunakan distribusi dan frekuensi.

Hasil: penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kepatuhan konsumsi tablet tambah darah di SMA Negeri 3 Banjarbaru yaitu 67,9% tidak patuh dan 32,1% patuh.

Diskusi: Kepatuhan Konsumsi tablet tambah darah dapat mempengaruhi anemia.

 

Kata Kunci: Remaja, Kepatuhan, Tablet Tambah Darah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI