DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan E-Modul Lipida Dengan Model PjBL (Project Based Learning) Terintegrasi STEAM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep
PENGARANG:NIKA SOPRANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-12


Kemampuan mahasiswa memecahan masalah masih kurang. Hal tersebut dapat 

terlihat dari kemampuan mahasiswa dalam menganalisis suatu permasalahan, 

menghubungkan data yang diketahui dengan apa yang ditanyakan. Rendahnya 

kemampuan pemecahan masalah mahasiswa ini berdampak pada pemahaman 

konsep yang rendah. Pemecahan masalah dan pemahaman konsep adalah dua 

kompetensi yang saling berkaitan. Pada penelitian ini peneliti ingin meningkatkan 

kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep melalui pengembangan 

e-modul dengan model PjBL terintegrasi STEAM dalam konteks permasalahan 

kehidupan sehari-hari yang berfokus pada materi lipida yang valid, praktis, dan 

efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D dengan model 4D. Subyek 

penelitian ini adalah 5 orang validator dan mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP 

ULM Banjarmasin Angkatan 2021. Pengumpulan data dilakukan menggunakan 

angket validasi, angket observasi kompetensi dosen pengampu, angket keterbacaan, 

dan respon mahasiswa, serta instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan 

pemahaman konsep. Berdasarkan uji kevalidan e-modul lipida yang dikembangkan 

dinyatakan valid. Kepraktisan pada uji coba perorangan, uji kelompok kecil, dan 

uji coba terbatas e-modul lipida dinyatakan sangat praktis. Keefektifan pada uji 

coba terbatas menyatakan e-modul lipida yang dikembangkan efektif dengan nilai 

N-gain 0,75 pada kompetensi pemahaman masalah dan 0,73 dalam kompetensi 

pemahaman konsep. Hasil analisis penelitian ini menyatakan bahwa e-modul lipida 

dengan model STEAM-PjBL layak digunakan sebagai bahan ajar dalam 

pembelajaran untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI