DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI KELOMPOK POKDARWIS DESA PA'AU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PPENGEMBANGAN DESA WISATA
PENGARANG:ISNAENI AZIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-12


Isnaeni Aziza, 1910414320007, 2023. Komunikasi Kelompok Pokdarwis Desa Pa’au Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Sebagai Upaya Pengembangan Desa Wisata. Dibawah bimbingan Fahrianoor.

Desa Pa’au memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bernama Penyaluhan Indah yang telah dibentuk sejak tahun 2017. Pokdarwis Penyaluhan Indah memiliki maksud untuk mengembangkan kelompok masyarakat yang kompeten dan profesional dalam bidang pariwisata, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonomi, serta memiliki kesiapan dan kepedulian di sekitar destinasi pariwisata.

Partisipasi masyarakat merupakan ujung tombak dari kemajuan destinasi wisata, oleh karena itu dalam mengembangkan sebuah desa wisata, masyarakat menjadi hal utama yang perlu di perhatikan, maka dari itu perlu adanya studi mengenai bentuk komunikasi kelompok yang digunakan dan penerapan unsur-unsur komunikasi oleh Pokdarwis Desa Pa’au dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai upaya pengembangan desa wisata.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualittaif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Pa’au Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) yang dikemukakan oleh Wilbur Schramm.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pokdarwis Penyaluhan Indah termasuk dalam kategori kelompok kecil (micro group) dan bentuk komunikasi yang dilakukan termasuk ke dalam dua bentuk komunikasi kelompok yaitu deskriptif dan preskriptif. Pokdarwis Penyaluhan Indah menerapkan unsur-unsur komunikasi dengan baik dalam memberikan edukasi dan informasi mengenai desa wisata kepada masyarakat desa Pa’au.

 

 

Kata kunci : Komunikasi Pariwisata, Komunikasi Kelompok, Unsur-Unsur Komunikasi, Pokdarwis, Desa Wisata, Partisipasi Maysrakat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI