DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SELF-DISCLOSURE PADA MEDIA INSTAGRAM STORIES PENGGUNA USIA DEWASA AWAL (Studi Deskriptif Kualitatif Individu Usia Dewasa Awal Di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:Maharani Khohirul Ramadhon
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-13


ABSTRAK

Maharani Khohirul Ramadhon. 2023. Self DisclosurePada MediaInstagram StoriesPengguna Usia Dewasa Awal(Studi Deskriptif Kualitatif Individu Usia Dewasa Awal Di Kota Banjarmasin). Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pembimbing : Dr. Yuanita Yuanita Setyaastuti, S.IP, M.Si

 

 

Generasi milenial yang lahir bersamaan dengan teknologi membuat tidak jauh dengan teknologi, antara lain internet dan media sosial saat ini, yaitu Instagram. Fitur, Instagram Story menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari. Instagram Story telah menjadi tempat untuk mengekspresikan diri Anda kepada sebagian besar pengguna.

 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses self disclosure (pengungkapan diri) kondisi usia dewasa awal di kota Banjarmasin dalam pemanfaatan penggunaan media sosial Instagram Stories.  Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif dimana peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap beberapa informan yang dipilih secara acak berawal dari usia 20 sampai 25 tahun (dewasa awal)  dan sebagai pengguna media sosial yang memiliki akun instagram.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap individu berbeda-beda dalam memanfaatkan media sosial. Media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, akan tetapi media sosial juga digunakan untuk hiburan dan menganggap media sosial adalah tempat ternyaman untuk mengungkapkan kondisi yang dialami sehingga mereka lebih terbuka di media sosial dan melakukan self disclosure (pengungkapan diri) dengan membagikan kegiatannya hingga mengungkapkan perasaannya dalam postingan di media sosial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media sosial oleh dewasa awal disini sebagai media mengungkapkan dan mengekspresikan keadaan dan kondisi yang pengguna alami dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: Self-Disclosure, Instagram Stories, Dewasa Awal, Banjarmasin

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI