DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SUNGAI DURAIT HILIR KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:M. RAFI`I
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-13


M. Rafi’i, 1910413210048, 2023, Strategi Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sungai Durait Hilir Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dibawah Bimbingan Arif Rahman Hakim.

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Strategi Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sungai Durait Hilir Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara serta faktor  yang mempengaruhi dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Sungai Durait Hilir, Sekretaris Desa Sungai Durait Hilir, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Sungai Durait Hilir, dan Warga Desa Sungai Durait Hilir.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat di desa Sungai Durait Hilir Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah cukup baik dilihat dari Lima indikator yaitu Perbaikan Modal Finansial dengan didirikannya BUMDes yang bekerjasama dengan masyarakat. Perbaikan Modal Fisik  berupa pembangunan tambahan seperti aula, gudang, dan jalan tani yang menjadi penunjang dalam pemberdayaan masyarakat. Perbaikan Sumber Daya Manusia di bidang pendidikan dan kesehatan berupa pendidikan anak usia dini melalui Taman Kanak-kanak dan Taman Pendidikan Al-Qur’an serta program Posyandu rutin untuk Balita dan Lansia. Pengembangan Modal Sosial sempat dilaksanakan namun terhenti, akan tetapi kemudian dirancang kembali dengan memberikan gagasan baru yang relevan dengan dunia pekerjaan. Pengelolaan Sumber Daya Alam yang baik melalui kelompok tani yang dibantu oleh Stakeholder dan Pemerintah Desa.

            Pemerintah Desa perlu mengambil tindakan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan masyarakat, mengaktifkan kembali organisasi kemasyarakatan, dan ikut serta terlibat dalam mencari jalan keluar mengenai bencana alam yang beberapa tahun terakhir berdampak terhadap pekerjaan warga.

Kata Kunci: Strategi, Pemerintah Desa, Pemberdayaan Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI