DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI BENCANA DALAM PENANGGULANGAN BANJIR 2021 DI DESA BANGKIT BARU
PENGARANG:SYELVA ADDILANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-14


Syelva Addilanor. 1910414220025. 2023. Strategi Komunikasi dalam Penanggulangan Banjir 2021 di Desa Bangkit Baru. Di bawah bimbingan Yuanita Setyastuti.


Instansi pemerintah dan swasta yang peduli terhadap korban bencana memerlukan informasi yang akurat untuk penanggulangan bencana. Korespondensi bencana tidak hanya diperlukan dalam keadaan krisis, tetapi pada saat yang sama juga penting dalam keadaan prabencana dan pascabencana.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi bencana yang dilakukan oleh BPBD Barito Kuala pada penanggulangan banjir 2021 di Desa Bangkit Baru. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Informan utama dalam penelitian ini adalah BPBD Barito Kuala, dan informan pendukungnya adalah Warga serta Aparat Desa Bangkit Baru. Strategi pemilahan informasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.


Setelah menganalisis strategi komunikasi bencana yang dijalankan oleh BPBD Barito Kuala menggunakan 5 strategi komunikasi bencana sukses oleh Haddow & Haddow, yaitu customer focus, leadership commitment, inclusion of communications in planning and operations, situasional awareness, dan media partnership. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPBD Barito Kuala belum menjalankan semua elemen strategi komunikasi bencana ini, sehingga banyak kendala yang dialami dalam penanggulangan banjir 2021 di Desa Bangkit Baru.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Bencana, BPBD, Penanggulangan Banjir.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI