DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelestarian Kesenian Tradisional Wayang Gung (Studi Pada Kinerja UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:MUHAMMAD ALDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-14


ABSTRAK

 

Muhammad Aldy, 1910413310009, Pelestarian Kesenian Tradisional Wayang Gung (Studi Pada Kinerja UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan). Dibawah Bimbingan Bapak Abdurrahman.

 

Pelestarian kesenian tradisional khususnya wayang gung yang merupakan salah satu kesenian tradisional khas Kalimantan Selatan yang tentunya titik atau ruang untuk mengimplementasikan pelestarian ini adalah di Provinsi Kalimantan Selatan, salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas pelestarian kesenian tradisional daerah ini yakni UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan dalam melakukan pelestarian kesenian tradisional wayang gung.

 

Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta teori yang digunakan adalah teori kinerja dari Agus Dwiyanto.

 

Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukan bahwa pelestarian kesenian tradisional yang dilakukan oleh UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan memiliki dasar yaitu pada Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Pemajuan Kebudayaan dan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Budaya Banua dan Kearifan Lokal. Sementara bagaimana UPTD Taman Budaya dalam mengimplimentasikannya yaitu dilihat dari lima indikator kinerja yakni produktivitas adalah mengenai apakah suatu target yang telah ditetapkan tercapai atau tidak, kualitas layanan adalah bagaimana reaksi atau respon masyarakat, responsivitas adalah bagaimana daya tanggap terhadap harapan, keinginan ataupun aspirasi dari masyarakat, responbilitas adalah kesesuaian tupoksi dengan implementasi di lapangan, dan akuntabilitas adalah apa yang telah dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat.

 

Kata Kunci: Kinerja, Pelestarian Kesenian Wayang Gung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI