DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN TAPIN UTARA KABUPATEN TAPIN KALSEL
PENGARANG:SAFNA MUZPA BALEL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-14


ABSTRAKSI

Safna Muzpa Balel (2023), Pengaruh Kompetensi Aparatur Desa, Partisipasi Masyarakat, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komitmen Organisasi terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Tapin Utara Kalsel. Pembimbing: Novita Weningtyas Respati.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi aparatur desa, partisipasi masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi, komitmen organisasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Populasi dalam penelitian ini ialah pemerintah desa di Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin yaitu sebanyak 12 Desa di Kecamatan Tapin Utara yang mendapatkan dana desa.. Metode pemilihan sampel yang digunakan ialah non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakaan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 120 responden yang terdiri dari aparatur pengelola dana desa, dan Badan Permusyawaratan Desa di 12 desa yang berada pada Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi aparatur desa berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, partisipasi masyarakat tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, dan komitmen Organisasi tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Kata Kunci : Kompetensi Aparatur Desa, Partisipasi Masyarakat, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komitmen Organisasi, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI