DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH, DISIPLIN KERJA GURU, MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:WENNI MELIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-14


ABSTRAK

Meliana, Wenni. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Disiplin Kerja Guru, Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Di Kota Banjarmasin. Tesis.  Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D., Pembimbing II: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci:    Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah, Disiplin Kerja Guru, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru

 

Guru merupakan salah satu sumber daya manusia yang menentukan bagi terselenggaranya proses pendidikan dan menjadi salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan, maka guru haruslah profesional dan memiliki kinerja yang tinggi. Kinerja guru adalah hasil kerja yang dicapai guru dalam menjalankan tugas profesionalnya sesuai dengan standar kerja yang telah ditetapkan. Faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain: kepemimpinan transformasional kepala madrasah, disiplin kerja, dan motivasi kerja.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang kepemimpinan transformasional kepala madrasah, disiplin kerja guru, motivasi kerja guru dan kinerja guru, serta menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala madrasah, disiplin kerja guru, motivasi kerja guru terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah di Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 149 orang guru PNS dan sebanyak 109 orang guru PNS sebagai sampel menggunakan Simple Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data secara deskriptif dan inferensial, untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan (1) gambaran kepemimpinan transformasional kepala madrasah sebagian berada pada klasifikasi sangat tinggi, disiplin kerja guru sebagian berada pada klasifikasi sangat tinggi, motivasi kerja guru sebagian berada pada klasifikasi sangat tinggi, kinerja guru sebagian besar berada pada klasifikasi baik, (2) terdapat pengaruh langsung: kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru ; disiplin kerja guru terhadap kinerja guru; motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap disiplin kerja guru; kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru; (3) terdapat pengaruh tidak langsung: kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja guru; kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru.

Kinerja guru harus lebih ditingkatkan dengan cara menumbuhkan semangat dalam meningkatkan motivasi kerja dan disiplin kerja sebagai salah satu upayanya. Kepala Madrasah perlu memberikan penghargaan dalam bentuk apapun terhadap hasil kerja guru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI