DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK AREA KERJA PADA KAPAL MINI PURSE SEINE DI DESA KUALA TAMBANGAN KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RIDHA YANTO RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


ABSTRAK

Ridha Yanto Rahman Program Studi Perikanan Tangkap. Karakteristik Area Kerja Pada Kapal Mini Purse Seine di Desa Kuala Tambangan Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Di bawah bimbingan Ir. Iriansyah, S.Pi, M.Si. Sebagai ketua pembimbing dan Siti Aminah, S.Pi, M.Si. Sebagai anggota pembimbing.

Penelitian Karakteristik Area Kerja Pada Kapal Mini Purse Seine di lakukan pada bulan Februari - Mei 2023 di Desa Kuala Tambanagan Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui luas Area Kerja ABK yang Ideal  pada saat settting  dan hauling. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada nelayan serta mengindentifikasi kapal dan aktivitas di atas kapal. Analisis data menggunakan metode Deskriptif dan perhitungan matematik.

Kapal di Desa Kuala Tambangan memiliki desain, jumlah ABK, dan jenis muatan di atas kapal yang sama sehingga memiliki nilai karakteristik yang hampir sama. Hasil penelitian pada kedua kelompok kapal mini purse seine < 15 GT dan > 15 GT menunjukan bahwa nilai luasan Area Kerja yang ideal di desa Kuala Tambangan adalah 0,784 m2 . Untuk pada tahapan setting kedua Kelompok kapal masih belum mencukupi nilai yang ideal sementara pada tahapan hauling kapal > 15 GT memiliki nilai yang cukup ideal.

Kata Kunci : Area kerja, Kapal, Mini Purse Seine, Desa Kuala Tambangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI