DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETELADANAN GURU PPKN SEBAGAI MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ALIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


 

KataKunci:Peran,Keteladanan,GuruPPKn,Kedisplinan.

Penelitianinidilatarbelakangikarenagurumerupakansosokyangdigugudan ditiru dalam setiap sikap dan perilakunya oleh siswa termasuk dalam hal kedisiplinannya. Untuk menularkan kedisiplinan pada siswanya, guru harus mampu menjadimodelpanutanyangdapatdicontohsikapdanperilakunya.Tujuanpenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keteladanan guru PPKn dalam upaya membina kedisplinansiswadiSMPN2Banjarmasin,(2)bentukketeladanan guruPPKndalam membina kedisiplinan siswa di SMPN 2 Banjarmasin, (3) menganalisis faktor pendorong dan penghambat dalam membina kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisisdengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keteladanan guru PPKn dalam membina kedisplinan siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin, yaitu guru merupakan sosokyangbisaditiruataumenjadicontohbagisiswa,selaiitujugagurubisamenjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi siswanya, (2) Bentuk keteladanan guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Banjarmasin yaitu, berupa kedisiplinansikapgurudalamberpakaianrapi,disiplinwaktu,santundalamberbicara dan tegas dalam menegakan peraturan di sekolah tanpa membeda-bedakan latar belakangsiswanya,(3)FaktorpenghambatdalammembinakedisiplinansiswadiSMP Negeri 2 Banjarmasin yaitu kurangnya kesadaran yang dimiliki siswa akan manfaat yangdiperolehdengandisiplin,padahalkesadaran yangadapadadirimasing-masing siswa menjadi bekal utama dalam melaksanakan disiplin.

Dari hasil penelitian di atas, hal yang disarankan peneliti adalah (1) Bagi siswayangbelumdisiplin,untuklebihmeningkatkankedisiplinannyalagidengancara belajar mematuhi peraturan yang telah di buat oleh pihak sekolah, (2) Bagi Guru PPKn,untukmeningkatkankembaliempatkompetensiseoranggurukhususnyaaspek kepribadian,(3)BagiSMPNegeri2Banjarmasinuntukmemberikansanksiyangtegas kepada siswa yangtidak mematuhi tata tertib sekolah, serta diperlukan adanya upaya yang lebih kuat lagi untuk terus berusaha mendisiplinkan siswa-siswi di SMP Negeri 2 Banjarmasin, sehingga visi-misi sekolah mampu diwujudkan dalam bentuk nyata sebagai sekolah yang berbasis karakter.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI