DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Konstruksi Pemberitaan Konflik Rusia dan Ukraina di Media Daring Detik.com Analisis Framing: Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki
PENGARANG:RINI AMALIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


 

ABSTRAK

 

 

 

Rini, Amaliah. 2023. Konstruksi Pemberitaan Konflik Rusia dan Ukraina di Media Daring Detik.com: Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Jumadi, M.Pd.; (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: konstruksi, konflik Rusia dan Ukraina, detik.com

 

            Konflik Rusia dan Ukraina sejak tahun 2014, kembali memuncak pada akhir Februari 2022. Konflik merupakan bentuk perjuangan dan perlawanan terhadap lawan maupun korban yang pasti akan dilakukan oleh berbagai pihak untuk mendapatkan hak hal yang dianggap sangat berpengaruh, seperti halnya kekuasaan. Detik.com adalah sebuah portal media daring terpopuler di Indonesia yang berisi berbagai macam topik berita dan artikel. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan secara mendalam wujud framing menggunakan struktur besar sintaksis, skrip, tematik, dan retoris model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki tentang konflik Rusia dan Ukraina di media daring detik.com.

 

            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan jenis penelitian Analisis Wacana Kritis (AWK) serta menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa delapan berita tentang konflik Rusia dan Ukraina dari rentang waktu 14 Desember 2022-6 Februari 2023. Mengenai tekniknya, peneliti menggunakan teknik dokumentasi berupa jurnal, artikel, skripsi dan portal berita daring detik.com.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ditinjau dari struktur sintaksis, detik.com menampilkan konstruksi realitas cenderung menggunakan sumber media lain. Secara keseluruhan judul dari delapan berita yang ditulis sesuai dengan isi berita dan cenderung menonjolkan keberpihakan kepada Ukraina, dan bersifat subjektif. (2) Struktur skrip, media cenderung menonjolkan keberpihakannya terhadap Ukraina, ada unsur-unsur yang digunakan secara tidak lengkap. Unsur ‘apa’ dan ‘siapa’ yang paling terlihat adalah pihak Rusia yang menyerang Ukraina, sedangkan pihak Ukraina mendominasi isi berita untuk dijadikan narasumber. Unsur ‘kapan’ dan ‘di mana’ ini seperti sengaja disembunyikan karena ketidaktahuan media atau kurangnya informasi yang didapat sehingga berita yang ditulis kurang memenuhi unsur 5w+1h. Unsur ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ yang cenderung menonjolkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi Ukraina serta menggunakan struktur piramida terbalik. (3) Struktur tematik, wujud framing terlihat pemberian tekanan pada elemen koherensi sebab-akibat, penjelas dan pembeda serta cenderung menggunakan metode penulisan re-write atau menulis ulang dengan gaya bahasa sendiri sehingga beberapa tanda hubung tidak sesuai dengan kaidah penulisan seorang jurnalis atau wartawan. (4) Struktur retoris, wujud framing cenderung menonjolkan majas hiperbola dan personifikasi serta menggunakan grafis, seperti tanda petik tunggal dan ganda, tulisan miring dan bercetak tebal serta pemberian warna pada beberapa tulisan yang dibuat untuk memberi penekanan pada fakta bahwa Rusia yang disalah-salahkan. Foto atau gambar yang ditampilkan detik.com berjenis tempat foto (spot photo).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI