DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin No 12 Tahun 2014 Terhadap Penanganan Pengemis
PENGARANG:MUHAMMAD NUZLA WARDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-15


ABSTRAK

Muhammad Nuzla Wardana, 1910413120014, 2023, Implementasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin No 12 Tahun 2014 Terhadap Penanganan Pengemis. Dibimbing oleh Arif Rahman Hakim

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin No. 12 Tahun 2014 terhadap Penanganan Pengemis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Sedangkan informan penelitian yaitu perwakilan bidang Rehabilitasi Sosial dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Kasi Operasi dan Pengendalian Ketertiban Umum dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarmasin, dan Pramu Rumah Singgah Baiman Kota Banjarmasin, masyarakat setempat, serta pengemis jalanan Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan dianalisis dengan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu implementasi kebijakan menurut Van Meter dan Van Horn.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Peraturan Daerah No 12 Tahun 2014 dalam penanganan pengemis di Kota Banjarmasin masih kurang optimal. Hal ini dapat dilihat dari ukuran dan tujuan Kebijakan masih ada yang belum tercapai dari peraturan daerah tersebut. Pada indikator Sumber daya manusia, dan sumber daya dana masih belum memadai. Karakteristik badanbadan pelaksana dari dua SKPD dalam penanganan masih kurang melakukan usaha preventif, responsif, dan rehabilitatif. Pada indikator kondisi ekonomi, sosial, dan politik berpengaruh dalam perda tersebut. Sikap pelaksana dari dua SKPD masih kurang melakukan tugasnya. Namun pada indikator komunikasi Antar Organisasi dan Kegiatan – Kegiatan pelaksana sudah optimal.

Saran dari penelitian ini adalah dua SKPD melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing semestinya dalam melakukan penanganan pengemis. Selain itu menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten dan sumber daya dana yang memadai. Terakhir masyarakat harus mendukung penuh terhadap penanganan pengemis di Kota Banjarmasin.

 

Kata Kunci Preventif, Responsif, dan Rehabilitatif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI