DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Jenis Tiang yang Aman Untuk Rumah Toko Di Banjarmasin
PENGARANG:NAMIRA PUTRI AZZAHRA NUR NANDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


Rumah toko (ruko) merupakan bangunan yang populer untuk kegiatan bisnis di kota-kota besar, termasuk di Banjarmasin. Salah satu komponen penting dalam struktur bangunan ruko adalah fondasi. Selama ini fondasi yang digunakan adalah fondasi cerucuk. Hanya saja, jenis fondasi ini memiliki kekurangan dalam hal penurunan. Sehingga perancangan ini bertujuan untuk menganalisis jenis tiang yang aman untuk rumah toko di Banjarmasin baik daya dukung maupun penurunannya.

Metode yang digunakan dalam perancangan ini meliputi pengumpulan data sekunder, pengumpulan data lapangan, dan analisis komparatif terhadap jenis tiang yang umum digunakan dalam bangunan ruko. Model yang dibuat pada perancangan ini adalah portal dua lantai dan portal tiga lantai dengan masing-masing portal memiliki 2 variabel jenis tiang, yaitu fondasi cerucuk dan fondasi mini-pile (diameter 25 cm). Analisis struktur menggunakan software SAP2000. Standar yang digunakan pada perancangan ini antara lain: SNI 8460:2017 untuk fondasi serta SNI 1726:2019, SNI 2847:2019, dan SNI 1727:2020 untuk struktur bangunan.

Berdasarkan beban paling besar pada model, besar penurunan yang diambil dari data CPT didapatkan 10 – 30 cm untuk model ruko dengan fondasi cerucuk dan 0 – 3 cm untuk model ruko dengan fondasi mini-pile. Setelah dilakukan pengecekan terhadap penurunan yang diizinkan, fondasi cerucuk termasuk pada kategori tidak aman sedangkan fondasi mini-pile dikategorikan aman.

 

Kata kunci: Rumah toko, Cerucuk, Mini-pile, SAP2000.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI