DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) PADA PERUSAHAAN SEKTOR TEKNOLOGI BAGIAN PAPAN UTAMA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2021
PENGARANG:MASHUR.S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


Mashur S, 1910412210016, 2023, Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) pada Perusahaan Sektor Tekknologi Bagian Papan Utama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021. Dibawah bimbingan:H. Rasyidi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji Pengaruh Current Ratio (CR) (X1) dan Debt to Equity Ratio (DER) (X2) terhadap Return On Asset (ROA) (Y) pada Perusahaan Sektor Tekknologi Bagian Papan Utama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021.

Objek penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Teknologi Bagian Papan Utama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia .Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ekplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh laporan keuangan perusahaan sektor teknologi bagian papan utama yang terdaftar di BEI periode 2016-2021. Sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling sebanyak 36 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa data dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan SPPS versi 26.0

Hasil penelitian menunjukkan pada PerusahaanSektor Teknologi Bagian Papan Utama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021 untuk Current Ratio (CR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Untuk Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). dan untuk Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Serta pada koefisien determinasi Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) menunjukkan pengaruh yang sangat lemah terhadap Return On Asset (ROA).

Kata Kunci: Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI