DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Utara
PENGARANG:RINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


ABSTRAK

 

Rina,1910413220006,2023.StrategiPemerintahDesadalamPemberdayaanMasyarakatdiKabupatenHuluSungaiUtara,dibawahbimbingan Drs. H. Apriansyah, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi Pemerintah DesadalampemberdayaanmasyarakatDesaBanyuHirangdanHaurGadingKabupatenHuluSungaiUtaradenganmenggunakanprinsip-prinsippemberdayaan masyarakat Sri Najiati, dkk (2005) dan analisis SWOT. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifkualitatif.Penelitianinimenggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu informandalam penelitian ini adalah Kepala Desa Banyu Hirang dan Haur Gading, KetuaKelompok Usaha Bersama (KUB) Kembang Ilung, Ketua Pokmas Maju Bersama,danmasyarakat atau pengrajin anyaman.

HasilpenelitianinimenunjukkanbahwastrategiKepalaDesaBanyuHirang dalam pemberdayaan masyarakat dengan Memanfaatkan SDM terutamagenerasi muda agar turut serta dengan melakukan pelatihan dan memanfaatkanpotensilokalyangmelimpahagartidakterbuangsia-sia.Adapunfaktorpendukungnya sumber daya manusia (SDM), potensi lokal atau sumber daya alam(SDA) yang melimpah sedangkan faktor penghambatnya sulit mengubah mindsetwarga masyarakat yang ingin meraih kesuksesan dengan instan dan sulit mematokharga barang dalam satu tahun. Strategi yang dilakukan oleh Kepala Desa HaurGadingyaitumemanfaatkanSDMterutamagenerasimudaagarkedepannyaproses pemberdayaan ini terus berlanjut serta memanfaatkan bantuan dan fasilitasdari desa untuk mengikutiberbagaievent.Faktor pendukungnya bantuan daribeberapapihak,potensilokalatausumberdayaalam(SDA),dansumberpenghasilan utama masyarakat sedangkan faktor penghambatnya berupa bahanbakukurangbagusuntuktas,pemasaran,dansulit mengubahmindsetwargamasyarakatyang ingin meraih kesuksesan denganinstan.

KataKunci:PemberdayaanMasyarakat, Pemerintah Desa,Strategi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI