DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN SEX EDUCATION PADA GENERASI Z DI SMP NEGERI 23 BANJARMASIN
PENGARANG:RIBKA SIMANJUNTAK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi sangat mempengaruhi kehidupan generasi Z,salah satunya informasi mengenai seks. Agar terhindar dari masalah-masalah yang dapat terjadi dalam aspek perkembangan seksual pada generasi Z, maka generasi Z harus memiliki pemahaman sex education yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan seksualnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan gambaran Sex Education pada generasi Z di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket sex education dengan skala Likert, dengan jumlah sampel 199 Generasi Z. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data dengan statistik deskriptif.

 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Generasi Z tergolong pada kategori sedang pada setiap aspeknya, yang artinya generasi Z cukup mengetahui mengenai sex education. Layanan informasi mengenai sex education bagi Generasi Z dapat diberikan melalui pendidikan keluarga maupun sekolah, yang bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung perkembangan serta mencegah masalah yang mungkin dapat terjadi pada perkembangan seksualnya. Harapannya penelitian ini dapat memberikan informasi sehingga dapat dijadikan referensi dan dapat dikembangkan menjadi lebih sempurna  oleh peneliti selanjutnya. 

 

Kata Kunci : Pendidikan Seks, Generasi Z, Sekolah Menengah Pertama

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI