DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SOSIALISASI DAN PENGAWASAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:Vivi Nur Annisa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-16


Vivi Nur Annisa, (2023) Pengaruh Sosialisasi dan Pengawasan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Banjarmasin). 

Pembimbing: Lili Safrida, SE, M.Si, Ak, CA   

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sosialisasi dan pengawasan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan kesadaran wajib pajak UMKM sebagai variabel intervening. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosialisasi pajak dan pengawasan pajak sebagai variabel independen, kesadaran wajib pajak UMKM sebagai variabel intervening, dan kepatuhan wajib pajak UMKM sebagai variabel dependen.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.  Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus roscoe, dengan jumlah sampel sebanyak 40 wajib pajak UMKM. Sumber data uang digunakan adalah data primer, teknik analisis data dengan menggunakan analisis jalur dan uji sobel dengan bantuan SPSS versi 26.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sosialisasi pajak dan pengawasan pajak berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak UMKM, kesadaran wajib pajak UMKM tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, pengawasan pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dan kesadaran wajib pajak UMKM tidak berpengaruh dalam memediasi hubungan sosialisasi pajak dan pengawasan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Kata Kunci: Sosialisasi Pajak, Pengawasan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak UMKM, Kepatuhan Wajib Pajak UMKM   

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI