DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH (STUDI MULTI SITUS SDN PASAR LAMA 1 DAN SDN SUNGAI MIAI 10 BANJARMASIN)
PENGARANG:WINDY HUMAYRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-17


ABSTRAK

Humayra, Windy, 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Multi situs SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin). Tesis, Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Rustam Effendi, M.Pd, P.hD, (II) Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Kepemimpinan, kepala sekolah,  mutu pendidikan

Kepala sekolah yang memiliki strategi tepat dalam mentransformasikan seluruh elemen sekolah akan mampu memberikan perbaikan mutu dan kemajuan bagi sebuah sekolah. Mencapai tujuan pendidikan dan meningkatkan mutu sekolah merupakan tugas dan tanggung jawab dari kepala sekolah. Kepemimpinan transformasional memudahkan jalan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Fokus penelitian ini antara lain: (1) kepemimpinan kepala sekolah di SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin, (2) strategi kepala sekolah dalam mengimplementasikan visi dan misi di SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin, (3) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10 Banjarmasin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi multisitus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data individu dan analisis lintas kasus. Keabsahan data dicek dengan cara validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas, dan objektivitas.

Hasil penelitian ini adalah: Kepemimpinan kepala sekolah di SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10 dapat diketahui melalui perumuskan kebijakan yang dilakukan secara secara terbuka. Memberi perhatian dengan membantu guru/staf. Berinteraksi dengan membinahubunganyangharmonis. Pengambilan keputusan menerapkan nilai demokratis serta koordinasi dengan berbagai pihak.Kepala sekolah berusaha menyediakan sertamemberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sekolah. Strategi kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misidi SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10 diketahui melalui penyusunan visi dan misi melalui rapat melibatkan berbagai pihak. Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikandi SDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10 tercermin dalam membuat rancangan atau perencanaan program serta melakukan evaluasi sebagai upaya peningkatan mutu secara berkelanjutan.

Implikasi secara teoritis berdasarkan temuan akhir penelitian,diketahui bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolahdiSDN Pasar Lama 1 dan SDN Sungai Miai 10mengembangkanindikator kepemimpinan kepala sekolah yaitu keterbukaan, perhatian terhadap bawahan, interaksi, dan pengambilan keputusan. Hal tersebut berkaitan dengankepemimpinantransformasional sehingga dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sertapengembangan ilmutentangkepemimpinantransformasionalkepala sekolah. Implikasi secara praktis kepalasekolahadalah sosok kunci di sebuah sekolah. Maju mundurnya, berkembang atau tidaknya sebuah sekolah sangat tergantung kepala sekolah.

Saran dari penelitian ini ditujukan kepada: (1) Kepala sekolah yang menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, disarankan kepada kepala sekolah menggunakan indikator kepemipinan: 1) Keterbukaan, 2) Perhatian terhadapbawahan, 3) Interaksi, 4) Pengambilkeputusan(2) BagiPenelitiSelanjutnya disarankanagarmenjadikantemuan ini sebagai acuandangambaranuntukmengkajilebihdalam mengenai kepemimpinan transformasional dengan tujuan verifikasi sehinggadapatmemperkayatemuan-temuan baru. (3) BagiPembaca disarankan agar lebih obyektif dalam memandang gaya kepemimpinan kepalasekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI