DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Absurditas Pemikiran dan Perilaku Tokoh Utama dalam Drama Bangun Pagi Bahagia Karya Andy Sri Wahyudi
PENGARANG:ANUGRAH GIO PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


Pratama, Anugrah Gio. 2023. Absurditas Pemikiran dan Perilaku Tokoh Utama dalam Drama Bangun Pagi Bahagia Karya Andy Sri Wahyudi. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. Jumadi, M.Pd.; (II) Dr. Sainul Hermawan, M.Hum.

 

Kata kunci: absurditas, pemikiran, perilaku, tokoh utama, drama

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kajian absurditas yang berupaya mengajak manusia untuk merenungi keberadaannya dan mencari makna dari ketidaknormalan eksistensinya. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bentuk absurditas pemikiran dan perilaku tokoh utama yang muncul dalam drama Bangun Pagi Bahagia karya Andy Sri Wahyudi serta faktor-faktor yang memengaruhinya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tergolong dalam jenis kajian absurditas. Sumber data yang digunakan ialah drama Bangun Pagi Bahagia karya Andy Sri Wahyudi yang diterbitkan pada tahun 2019 oleh penerbit Basabasi. Data diambil dari fakta-fakta absurditas pemikiran dan perilaku yang ada pada dialog dan hubungan antartokoh. Teknik studi pustaka dipakai dalam mengumpulkan data dan analisis isi kualitatif dipakai dalam teknik analisis data penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkandrama Bangun Pagi Bahagia mengandung unsur absurditas pemikiran juga absurditas perilaku. Di antara bentuk absurditas pemikiran tokoh utama Bangun Pagi Bahagia, yaitu pandangan bahwa kematian adalah sebentuk cita-cita yang baik. Di antara bentuk absurditas perilaku tokoh utama Bangun Pagi Bahagia, yakni berbicara kepada patung agar mendapatkan pertolongan. Faktor yang memengaruhi absurditas pemikiran dan perilaku tokoh utama dapat dirumuskan ke dalam tiga hal, yakni masalah hidup, kebebasan, dan perasaan.

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI