DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FENOMENA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Pola Komunikasi pada Mahasiswa FISIP Universias Lambung Mangkurat)
PENGARANG:MUHAMMAD RIDWANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


ABSTRAK

 

Muhammad Ridwansyah, 1610414310023, 2023. Fenomena Game Online Mobile Legends Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pola Komunikasi pada Mahasiswa FISIP Universitas Lambung Mangkurat). Pembimbing I: Sarwani, S.Sos., M.med.Kom. dan Pembiming II: Noviana Sari, S.IP., MA.

 

Game online seperti Mobile Legends menjadi tren baru yang banyak diminati mahasiswa karena tetapi memungkinkan bermain bersama puluhan orang sekaligus dari berbagai lokasi. Tren ini dapat memberikan dampak positif hingga negatif bagi mahasiswa. Salah satu aspek yang dapat dipengaruhi oleh game online bagi mahasiswa adalah pola komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pola komunikasi pemain Mobile Legends dikalangan mahasiswa FISIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat interpretasi untuk menghasilkan kesimpulan yang mudah dipahami dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada 3 orang responden yaitu Yoppy Irvan Aditya, Pardiansyah, dan Hermansyah.

Hasil penelitian menemukan bahwa mahasiswa pegiat game online Mobile Legends menyebabkan perubahan pola komunikasi secara primer, sekunder, sirkular, hingga dampak sosial. Salah satu adalah berkurangnya komunikasi yang dilakukan terhadap orang-orang sekitar mereka, sehingga merasakan ketergantungan dan kecanduan dan berdampak pada keadaan akademik mahasiswa. Game online Mobile Legends telah menyebabkan perubahan pola komunikasi kepada para penggunanya seperti berkurangnya komunikasi yang dilakukan terhadap orang-orang sekitar mereka.

 

Kata kunci: komunikasi, game online, Mobile Legends, mahasiswa 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI