DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ANJIR MUARA
PENGARANG:UMMI KALSUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


Penelitian ini dilakukan agar mereka dapat lancar bercerita dan percaya diri tampil di depan kelas dengan menerapkan strategi rekonstruktif. Strategi rekonstruktif memiliki keunggulan yaitu (1) ketika keadaan penyadaran dirinya pada teks yang menyediakan bahasa dalam pemakaian pada umumnya dan ikatan-ikatan sintagmatik, (2) dalam penyajian bahasa umumnya berbentuk paradigma dan dalam kalimat-kalimat tersendiri juga tidak bersifat kontekstual, (3) penggunaan teks-teks penyajian pemakaian bahasa apabila pengungkapan berbagai fungsi komunikatif, morfologi, dan sintaksis pada praktiknya, (4) strategi rekonstruktif berfokus pada penyajian model bahasa yang telah disiapkan dalam pemakaian sehari hari.Penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hasil belajar, dan kendala strategi rekonstruktif dalam menceritakan kembali cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Anjir Muara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah salah satu guru Bahasa Indonesia dan 32 siswa kelas VII B. Data penelitian ini berupa pelaksanaan strategi rekonstruktif dalam pembelajaran bercerita, kompetensi bercerita siswa, seperti kelancaran dalam berbicara, intonasi yang jelas, penjedaan yang tidak tepat, dan penguasaan isi cerita, dan kendala pelaksanaan pembelajaran bercerita dengan strategi rekonstruktif. Teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat diberikan: (1) dilihat pada RPP yang disusun oleh guru sudah lengkap, (2) aktivitas guru dalam pelaksanaan strategi rekonstruktif sudah sesuai dengan jadwal pembelajaran Bahasa Indonesia, (3) hasil pelaksanaan pembelajaran guru Bahasa Indonesia dengan materi menceritakan kembali cerita fantasi dengan menggunakan strategi rekonstruktif pertemuan pertama mendapat nilai 75 kategori Baik dan pertemuan kedua mengalami peningkatan mencapai nilai 83 kategori Sangat Baik. Hasil belajar siswa materi menceritakan kembali cerita fantasi rata-rata mendapat nilai 82, dan (4) kendala pelaksanaan strategi rekonstruktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI