DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESESUAIAN UKURAN KONSTRUKSI UTAMA KAPAL PURSE SEINE DI KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT DENGAN ATURAN BIRO KLASIFIKASI INDONESIA (BKI)
PENGARANG:MUHAMAD DODI FEBRIYANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-19


Muhamad Dodi Febriyandi. Program Studi Perikanan Tangkap. Kesesuaian Ukuran Konstruksi Utama Kapal Purse Seine di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut dengan Aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Dibawah bimbingan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si selaku ketua pembimbing dan Siti Aminah S.Pi, M.Si Selaku anggota pembimbing.

Penelitian Kesesuaian Ukuran Konstruksi Utama Kapal Purse Seine di lakukan pada bulan Februari – Juni 2023 di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis dimensi dan konstruksi utama dengan aturan BKI. Metode yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengukuran bagian dimensi dan konstruksi utama kapal serta menganalisis hasil pengukuran dengan standar BKI. Analisis data dengan menggunakan metode Deskriptif dan dilakukan secara Numerik-Komparatif.

Kapal yang dijadikan sampel di Kecamatan Takisung berjumlah 10 kapal, dimana 3 kapal di Desa Kuala Tambangan, 2 kapal di Desa Takisung dan 5 kapal di Desa Pagatan Besar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rasio dimensi utama L/B dan B/D sesuai dengan nilai yang di kemukakan, sedangkan nilai L/D hanya satu sampel kapal yang nilai nya belum sesuai. Pada konstruksi menunjukkan bahwa bagian lunas memiliki tingkat keseuaian 50% dengan aturan BKI, linggi 50%, gading-gading 50%, kulit luar 100% dan untuk bagian pondasi mesin dan pagar tidak sesuai dengan aturan BKI.

Kata Kunci: Dimensi dan Konstruksi, Purse Seine, BKI

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI