DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
PENGARANG:LETISIA ELVINDA AL-BARU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-20


Media pembelajaran materi sistem pencernaan manusia gambar 2D dinilai belum mengikuti tuntutan perkembangan teknologi. Media alat peraga sistem pencernaan manusia yang berbentuk 3D memiliki keterbatasan tidak bisa digunakan ketika proses pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajarnan materi sistem pemcernaan manusia yang sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi dan mampu digunakan untuk pembelajaran jarak jauh yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah pada kelompok kecil dengan 15 peserta didik kelas VIII SMP/MTs sederajat. Data penelitian berupa hasil validasi yang ditinjau dari hasil lembar validasi dan hasil kepraktisan yang ditinjau dari angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran articulate storyline pada materi sistem pencernaan manusia (1) Hasil validasi kelayakan media ditinjau dari ahli materi dan ahli media mencapai 0,91 dengan kategori sangat valid (2) Hasil kepraktisan didapatkan mencapai 88% dengan kategori praktis. Kesimpulan penelitian ini media pembelajaran articulate storyline pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa SMP dinyatakan layak teruji dan praktis.

 

 

 

 

Kata kunci : Articulate storyline, sistem pencernaan manusia, media interaktif 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI