DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Pegawai Politeknik Hasnur
PENGARANG:MUHAMMAD ROWI ASHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-20


Muhammad Rowi Ashari (2023) Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Pegawai Politeknik Hasnur. Pembimbing: Rini Rahmawati.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (2) pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (3) pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Pegawai Politeknik Hasnur.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Responden penelitian ini adalah 42 orang pegawai Politeknik Hasnur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sensus atau sampling total. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan aplikasi software SPSS.

Hasil pengujian uji F (simultan) menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Hasil pengujian uji t (parsial) variabel Kepuasan Kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan variabel Komitmen Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, OCB

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI