DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REPRESENTATIF KESANTUNAN TOKOH-TOKOH DALAM FILM THE FABLOUS UDIN KARYA RONS IRAWAN
PENGARANG:Atiyat Rahimah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-20


ABSTRAK

 

Rahimah, Atiyat. 2023. Representatif  Kesantunan Tokoh-tokoh dalam Film The Fablous Udin Karya Rons Irawan.  Pembimbing: Dr. H. Moh. FattahYasin, M.Pd; Dr. Rusma Noortyani, M.Pd 

 Kata Kunci: Film, Kesantunan, Representatif, The Fablous Udin.

 

Kesantunan dalam tindak tutur bahasa sangat diperlukan dalam menjaga kelangsungan dan keberhasilan seseorang dalam berkomunikasi agar kedekatan hubungan antara penutur dan mitra tutur dapat berjalan lancar. Beranjak dari pentingnya hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kesantunan dalam tindak tutur bahasa dari film The Fablous Udin guna menjadi teladan bagi pembaca, sebab dalam film tersebut terdapat banyak adegan dan dialog yang patut diteladani.   

Penenltian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Yang menjadi data pokok dalam penelitian ini adalah kesantunan positif dan kesantunan negatif yang ditemukan dari penyimkanan film The Fablous Udin sedangkan data penunjuangnya adalah sinopsis film, jurnal-jurnal tentang film The Fablous Udin serta penelitian terdahulu yang relevan. 

Representatif kesantunan tokoh-tokoh dalam film The Fablous Udin karya Rons Irawan terbagi menjadi dua, yaitu kesantunan positif dan kesantunan negatif. Tindak kesantunan positif dan negatif dilakukan para tokoh guna kelancaran komunikasi serta menjaga harga diri penutur dan harga diri lawan bicara, sehingga terjalin kedekatan hubungan antara penutur dan mitra tutur. Kesantunan positif dalam Film The Fabulous Udin  adalah (1) memperhatikan apa yang sedang dibutuhkan mitra tutur, (2) menggunakan bentuk solidaritas kelompok, (3) melibatkan mitra tutur ke dalam aktivitas penutur,  (4) menawarkan atau menjanjikan sesuatu, (5) memberikan pujian kepada mitra tutur,  (6) menghindari ketidakcocokan  dan (7) melucu. Adapun kesantunan negatif yang ditemukan dalam film The Fabulous Udin adalah (1) ungkapan secara tidak langsung, (2) bersikap pesimis, dan (3) meminimalkan paksaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI