DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANJARBARU JURUSAN KRIA KREATIF BATIK DAN TEKSTIL (KKB)
PENGARANG:HELDA ARIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-21


ABSTRAK

Helda Ariani. 2023. Analisis Kematangan Karir Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banjarbaru Jurusan Kria Kreatif Batik dan Tekstil (KKB). Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M. Pd. (II) Eklys Cheseda Makaria, M. Pd.

Kata Kunci: Kematangan, Karir, siswa

                        Kematangan karir sebagai kemampuan individu untuk membuat pilihan karir, yang meliputi penentuan keputusan karir dan pilihan yang relistik serta konsisten. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis tingkat kematangan karir siswa kelas XI SMK Negeri 1 Banjarbaru jurusan Kria Kreatif Batik dan tekstil (KKB).

                        Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket  Implementasi kematangan karir dengan skala likert, dengan jumlah sampel 63 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data dengan statistik deskriptif.

Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kematangan karir siswa kelas XI Kria Kreatif Batik dan tekstil (KKB) tergolong pada kategori sedang, sedangkan pada setiap aspek kematangan karir  berupa perencanaan karir, eksplorasi karir, pengetahuan tentang membuat keputusan karir (decision making), pengetahuan (information) tentang dunia kerja (world of work information), pengetahuan tentang kelompok pekerjaan yang lebih disukai (knowledge of preferred occipational group), realisari keptusan karir (realisation), tergolong dalam kategori rendah. Saran untuk peneliti selanjutnya bisa melakukan penelitian mengenai meningkatkan kematangan karir siswa, mengembangkan dan melaksanakan uji coba empiris program layanan bimbingan karir di SMK pada setiap jurusan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI