DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CULTURALLY WETLAND RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER WASAKA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN
PENGARANG:HAKKI NORHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis Culturally Wetland Responsive Teaching pada materi sifat koligatif larutan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. E-modul berbasis Culturally Wetland Responsive Teaching yang dikembangkandiujikan pada 23 orang mahasiswa kelas A1 dan A2 Angkatan 2022 Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM Banjarmasin. Hasil analisis data menunjukkan bahwa e-modul berbasis Culturally Wetland Responsive Teaching yang dikembangkan: (1) Sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan media; (2) Sangat praktis pada uji perorangan, uji kelompok kecil, dan lembar observasi kemampuan dosen menggunakan e-modul dan mengelola kelas; (3) Efektif berdasarkan nilai N-gain kompetensi literasi sains dan karakter wasaka mahasiswa pada kategori tinggi. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa e-modul berbasis Culturally Wetland Responsive Teaching telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

 

Kata Kunci : E-modul berbasis Culturally Wetland Responsive Teaching, literasi sains, karakter wasaka  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI