DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL MENGENAI KEKURANGAN ENERGI KRONIK PADA MASA KEHAMILAN
PENGARANG:NOOR HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


Latar Belakang: Kekurangan Energi Kronik (KEK) adalah salah satu masalah pada ibu hamil dengan angka kejadian yang masih tinggi dan data menujukkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang KEK masih rendah sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil.Pendidikan kesehatan telah dilakukan namun belum diketahui pengaruh dari pendidikan Kesehatan.

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil mengenai KEK pada masa kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Anjir Serapat Kecamatan Kapuas Timur Kalimantan Tengah.

Metode: Penelitian ini telah dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental dan dengan rancangan pretest-posttest one group desain. Responden pada penelitian ini adalah 34 orang ibu hamil dengan Teknik consecutive sampling.Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner data demografi, kuesioner Pengetahuan Ibu hamil mengenai KEK pada masa kehamilan, dan menggunakan media power point. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Wilcoxon.

Hasil: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil mengenai KEK pada masa kehamilan, dengan p-value 0,0001 < α 0,05.

Diskusi: Pendidikan Kesehatan merupakan salah satu indikator untuk meningkatkan pengetahuan Ibu hamil mengenai KEK, dengan tingkat pengetahuan yang baik diharapkan dapat menekan angka kejadian KEK di Puskesmas Anjir Serapat Kecamatan Kapuas Timur Kalimantan Tengah.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, KEK

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI