DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Aromaterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat
PENGARANG:NUR ALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


Latar Belakang: Mahasiswabaru sering mengalami kecemasan. Kecemasan merupakan perasaan khawatir yang berlebihan dan tidak jelas. Salah satu cara untuk mengurangi tingkat kecemasan dengan menghirup aromaterapi lavender atau mawar yang mampu mengurangi kecemasan.

Tujuan: Unntuk mengetahui pengaruh aromaterapi terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Metode: Quasi eksperimen dengan pendekatan pre-post group design. Populasi dalam penelitian mahasiswa keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2022, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pertanyaan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS).

Hasil: Analisis data menunjukkan nilai sig. 0,028 pada pemberian aromaterapi mawar, dan nilai sig. 0,000 pada pemberian aromaterapi lavender, yang artinya (p < 0,05) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan pada pemberian aromaterapi mawar dan lavender.

Pembahasan: Skor tingkat kecemasan pada kelompok aromaterapi mawar dan kelompok aromaterapi lavender sama-sama mengalami penurunan. Sehingga kedua aromaterapi tersebut memiliki pengaruh terhadap tingkat kecemasan mahasiswa.

Kata Kunci: Kecemasan, Mahasiswa, Aromaterapi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI