DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Produktivitas Tenaga Kerja pada Pekerjaan Struktur Atas Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan dan Perpustakaan Terpadu Politeknik Kesehatan Banjarmasin
PENGARANG:HERDALIA DIAH AVIANTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


ABSTRAK

Produktivitas kerja merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai ketepatan biaya dan waktu. Pada pelaksanaan pekerjaan struktur atas pada proyek konstruksi gedung yang memiliki lebih dari satu lantai, mendapatkan nilai produktivitas yang baik sangatlah sulit sebab banyak item pekerjaan serta penggunaan tenaga kerja yang kurang terampil atau kurang efektif dalam melakukan pekerjaannya. Jadi, koefisien produktivitas pekerja dapat diukur untuk mengetahui seberapa baik mereka bekerja.

Metode work sampling merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan cara mengamati waktu kerja tenaga kerja pada pekerjaan struktur atas Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan dan Perpustakaan Terpadu Politeknik Kesehatan Banjarmasin serta pengisian kuesioner terhadap 15 tenaga kerja untuk mengetahui efektivitas tenaga kerja dalam bekerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas tersebut. Data produktivitas dan survei diproses menggunakan program komputer SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian variabel umur, kondisi kesehatan, kesesuaian upah, manajerial, dan K3 berpengaruh besar pada produktivitas. Selain itu, variabel bebas yang sangat mempengaruhi produktivitas tenaga kerja yaitu variabel K3 dengan koefisien sebesar 0,643 dan kondisi kesehatan dengan koefisien sebesar 0,346. Didapatkan juga hasil analisa work sampling menunjukkan bahwa nilai LUR tenaga kerja hasil pengamatan dan analisis pada pekerjaan struktur atas di lantai 2, 3, dan 4  Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan dan Perpustakaan Terpadu terbilang produktif dengan rata-rata produktivitasnya antara 76,09% – 83,36%. .

 

Kata kunci:  Produktivitas Tenaga Kerja,  Labor Utilization Rate (LUR), SPSS, Work Sampling

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI