DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Perawatan Diri dengan Kualitas Hidup Pasien Stroke di Wilayah Puskesmas Kota Banjarbaru
PENGARANG:PUTERI ROMAISHA ASY-SYAFFA AZRA AN-NIZAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


Latar Belakang: Pasien stroke umumnya mengalami gejala sisa yang menyebabkan pasien mengalami disabilitas fisik yang bisa menimbulkan hilangnya produktivitas dan penurunan kualitas hidup. Peningkatan pemenuhan perawatan diri bertujuan untuk mempertahankan kesejahteraannya sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup yang dituntut oleh fisik manusia.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pemenuhan kebutuhan perawatan diri dengan kualitas hidup pasien stroke di wilayah Puskesmas Kota Banjarbaru.

Metode: Menggunakan studi korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 37 responden dalam waktu pengambilan data, yaitu Februari – Maret 2023. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.

Hasil: Bantuan ringan dalam perawatan diri dibutuhkan mayoritas responden yaitu 20 responden (54,1 %) sedangkan 16 orang (43,2 %) memiliki kualitas hidup baik. Terdapat hubungan antara kebutuhan perawatan diri dengan kualitas hidup pasien stroke dengan hasil p-value <0,005, yaitu 0,000 dan bersifat searah atau bernilai positif dengan angka koefisien korelasi 0,679.

Diskusi:Adanya hubungan yang signifikan antara perawatan diri dengan kualitas hidup terhubungan pada perubahan status kemandirian. Perubahan status kemandirian disebabkan oleh penurunan fungsional yang biasa terjadi karena komplikasi sehingga mengalami ketergantungan terhadap orang terdekat yang seiring berjalannya waktu akan menurunkan keyakinan dan pandangan hidupnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI