DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Prioritas Pengembangan Kampung Wisata Pada Pinggiran Sungai di Kota Banjarmasin
PENGARANG:RIZKY MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-22


Rizky Maulana (2023), Analisis Prioritas Pengembangan Kampung Wisata Pada Pinggiran Sungai di Kota Banjarmasin.

Pembimbing : Dessy Maulina, S.E., M.E

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kriteria yang menjadi prioritas dalam pengembangan kampung wisata pada pinggiran sungai dan mengetahui pilihan alternatif yang paling dominan untuk prioritas pengembangan kampung wisata pada pinggiran sungai di Kota Banjarmasin.

Responden penelitian terdiri dari 7 orang yang dianggap ahli dan relevan dengan penelitian khususnya yang berkaitan dengan lokasi penelitian yaitu kampung hijau, kampung biru, dan kampung sasirangan dengan menggunakan analisis data yaitu metode AHP (Analytical Hierarchy Process).

Hasil penelitian menunjukan kriteria yang paling dominan untuk mendukung pengembangan kampung wisata pada pinggiran sungai di Kota Banjarmasin adalah kriteria daya tarik dengan preferensi 46,6%, kriteria sarana dan prasarana 27,7%, kriteria aksebilitas 16,1%, dan kriteria promosi pariwisata 9,6%. Dari 3 (tiga) pilihan alternatif pada penelitian ini, pilihan alternatif kampung sasirangan memiliki preferensi tertinggi yaitu 49,9%, kampung hijau 26,9% dan kampung biru 23,2%. Maka prioritas pengembangan kampung wisata pada pinggiran sungai di Kota Banjarmasin di prioritaskan pada kampung sasirangan.

Kata Kunci: Prioritas; Kampung Wisata; Kampung Hijau; Kampung Sasirangan; Kampung Biru; Metode AHP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI