DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DENGAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RAWAT INAP RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:NOVADIANI KARISMA MAHARANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-23


Latar Belakang: Beban kerja dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Beban kerja yang rendah juga disebabkan oleh lingkungan kerja yang meningkat. Hal ini dapat berdampak pada kinerja perawat. Oleh karena itu, memperhatikan lingkungan kerja perawat merupakan hal yang penting dalam pelayanan kesehatan.

Tujuan: Mengetahui hubungan lingkungan kerja dengan beban kerja perawat di Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross sectional. Dengan menggunakan teknik stratified random sampling kepada 112 perawat di 7 ruang rawat inap Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan didapatkan rata-rata lingkungan kerja yaitu 86,21 dan rata-rata beban kerja perawat yaitu 22,96. Hasil analisis dengan korelasi spearman didapatkan, tidak ada hubungan yang signifikan antara lingkungan kerja dengan beban kerja perawat dengan P-value 0,000>0,05.

Pembahasan: Adanya penurunan lingkungan kerja perawat dalam bekerja tidak mempengaruhi beban kerja perawat. Beban kerja perawat dapat terjadi karena dipengaruhi faktor lain yaitu kepuasan perawat, turnover, stress kerja dan produktivitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI