DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) di Desa Pemangkih Baru Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar
PENGARANG:INDAH WULAN DARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-23


Indah Wulan Dari, 1910413320002, 2023, “Efektivitas Program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) di Desa Pemangkih Baru Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar”. Di bawah bimbingan Arif Rahman Hakim.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) di Desa Pemangkih Baru Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian dekriptif. Instrumen penelitian ini ditentukan menggunakan purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Hasil Penelitian Efektivitas Program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) di Desa Pemangkih Baru Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar dalam melaksanakan program sudah efektif dengan memenuhi input, proses, output dan outcome. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah mempersiapkan fasilitas peralatan di mobil pelanduk, melakukan sosialisasi ke desa-desa dengan proses pelaksanaan Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) sudah dilakukan dengan baik, output Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) sudah tercapai dan outcome Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) memiliki banyak dampak manfaat pada dokumen kependudukan. Walaupun dalam praktiknya masih mempunyai faktor penghambat dalam efektivitas.

Adapun saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai tim pelaksana Program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) hendaknya menemukan cara dalam mengatasi permasalahan jaringan internet di desa yang melakukan sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar. Saran kepada masyarakat adalah meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan pada waktu pelayanan.

Kata Kunci: Efektivitas, Program Jempol Pelanduk, Pemerintahan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI