DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT SUKU BANJAR DAN JAWA DI DESA PANDANSARI KECAMATAN KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ALIF VERA APRILIANES
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-23


STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT SUKU BANJAR DAN JAWA DI DESA PANDANSARI KECAMATAN KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT KALIMANTAN SELATAN (Oleh : ALif Vera Aprilianes, Pembimbing : Sutomo & Nani Kartinah; 2023; Halaman 161)

 

Masyarakat Suku Banjar dan Jawa desa Pandansari Kecamatan Kintap KabupatenTanah Laut Kalimantan Selatan masih banyak menggunakan tumbuhan sebagai pengobatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui demografi masyarakat, menetapkan                 khasiat empiris, bagian tumbuhan yang digunakan, cara pengolahan, cara penggunaan, lokasi pengambilan sampel,danmenetapkanhasilskriningfitokimia.Jenis penelitian bersifat kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulandatayangdigunakanadalahwawancarasemistrukturyangdibantudengankuisioner. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlahinforman yang memenuhi kriteria dan bersedia terlibat dalam penelitian ada 4informan.Hasil penelitian di desa Pandansari didapat 51 spesies tumbuhan yang berfungsi untuk mengobati 23 jenis penyakit. Dari 51 tumbuhan obat terdapat 2 tumbuhan obat yang dilakukan skrining fitokimia. Hasil skrining fitokimia daun asam sembelekan memiliki senyawa flavonoid, saponin, terpenoid dan fenol. Hasil skrining pada tumbuhan daun Malaysia memiliki senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, terpenoid dan fenol. Pada bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah daun (40%), cara pengolahan terbanyak adalah direbus (49%) dan cara penggunaan terbanyak adalah (59%). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tumbuhan berkhasiat obat di desa Pandansari masih sangat banyak dan perlu dilakukan pelestarian lebih agar pemanfaatan dapat terus dirasakan masyarakat dalam pengobatan tradisional.

 

KataKunci:Etnobotani,BanjardanJawa,DesaPandansari,TumbuhanBerkhasiatObat.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI