DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Ganda Perempuan yang Bekerja (Studi atas Perempuan yang Bekerja di Kantor Desa Tanah Habang Kanan Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan)
PENGARANG:NORRAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-23


Seiring berkembangnya zaman, peran perempuan tak hanya di sektor domestik, namun telah merambah ke sektor publik karen amereka bekerja. Sebagai seorang istri, perempuan yang bekerja tentunya melakoni peran ganda. Di rumah, mereka menjalani peran sebagai istri. Ketika di luar, mereka menjalani peran sebagai wanita pekerja atau pencari nafkah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan: (1) gambaran peran ganda perempuan yang bekerja, dan (2) kendala yang dialami oleh perempuan yang bekerja.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih dengan cara purposive sampling, dengan empat informan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi teknik dan waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua peran yang dilakukan oleh perempuan yang bekerja, yakni peran di lingkungan kerja dan peran di lingkungan keluarga. Peran utama di lingkungan kerja berkaitan dengan jabatan yang diduduki, peran tambahan membantu mengerjakan pekerjaan lain. Adapun peran utama di lingkungan keluarga adalah mengasuh anak, membersihkan rumah, dan memasak. (2) kendala yang dialami oleh perempuan yang bekerja. Kendala di lingkungan kerja yakni meninggalkan pekerjaan karena urusan pribadi, karakter masyarakat yang beragam, serta pelayanan di luar jam kerja. Kendala di lingkungan keluarga yakni tugas-tugas dalam rumah tangga tidak tertangani dengan baik, serta berkurangnya waktu bersama keluarga.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada perempuan yang bekerja agar lebih teliti dalam membagi waktu antara mengurus keluarga dan bekerja, agar keluarga tetap mendapatkan perhatian dan pekerjaan dapat tertangani dengan baik. Bagi suami yang istrinya memutuskan untuk bekerja, agar dapat memahami dan memabntu peran di rumah. Bagi peneliti yang ingin meneliti dengan tema gender, dapat meneliti lebih dalam lagi mengenai peran suami dalam kehidupan rumah tangga ketika istrinya memutuskan untuk bekerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI