DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Representasi Pesan Moral dan Nilai Kasih Sayang Dalam Keluarga (Analisis Isi Kualitatif pada Film Habibie & Ainun Karya Manoj Punjabi)
PENGARANG:AKHMAD NAZHARIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-23


ABSTRAK

 

Akhmad Nazharie (1610414310002), 2023, Representasi Pesan Moral dan Nilai KasihSayangDalamKeluarga(Analisis IsiKualitatifpadaFilmHabibie&Ainun KaryaManojPunjabi).DibawahBimbinganBachruddinAliAkhmaddanNoviana Sari

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pesan moral dan kasih sayang dari tokoh Habibie dan Ainun yang merepresentasikan seorang pemimpin yang dekatdengankeluargadanpenuhkasihsayangterhadappasangannyatersebutagar menjadi inspirasi bagi penontonnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bentuk pesan moral yang ada di keluarga, serta nilai kasih sayang yang diterapkan oleh sosok Habibie maupun Ainun yang sabar dan ikhlas serta setia dalam menjalani kehidupan bersama yang ditayangkan oleh film biografi sebagai bentuk komunikasi massa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi untuk menggambarkan fenomena yang diteliti secara kualitatif.

HasilpenelitianmenunjukkanbahwaFilminimenyadarkanakanpentingnyaperan seorang wanita atau istri bagi kesuksesaan para suami di dalam mengembangkan amanah kehidupan. Tidak ada seorang suami yang berjaya dunia akherat tanpa didukungolehpengorbananistri.Itusebabnyakemuliaanseorangperempuantidak semata-mata ditentukan dari gelimang harta dan kedudukan profesi di luar rumah. Bagian inilah yang dicontohkan oleh Ainun sebagai kunci keberhasilan seorang Habibiedengannilaikasihsayangyangikhlas, dansetiadidalamkeluarga.Selain ituPesanMoralyangdapatdiambildarifilminiadalahmoralataudidacticalvalues itu sangat penting bagi generasi muda dan masyarakat indonesia pada umumnya agar menjadi acuan dan contoh sosok yang dihormati dan dihargai di Indonesia.

 

KataKunci:AnalisisIsi,PesanMoral,NilaiKasihSayang,Habibie,Ainun

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI