DIGITAL LIBRARY



JUDUL: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPATUHAN DIET PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:MAS ARDHEA PRAMESTI REGITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-23


Latar Belakang : Kepatuhan diet penderita diabetes melitus di RSUD Ulin Banjarmasin memiliki nilai tidak lebih dari 50%. Faktor-faktor berpengaruh sangat penting terhadap ketidakpatuhan diet penderita penderita diabetes melitus tipe 2 karena dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jika makanan yang dikonsumsi tidak dikontrol.

Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan diet penderita diabetes melitus tipe 2 di RSUD Ulin Banjarmasin.

Metode : Metode penelitian ini adalah cross sectional dengan teknik consecutive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden rawat jalan di poliklinik sub penyakit dalam endokrin-metabolik, poliklinik kaki diabetes dan poliklinik geriatric di RSUD Ulin Banjarmasin. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan menggunakan uji chi-square.

Hasil : Hasil penelitian didapatkan tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin (p value 0,689), pendidikan (p value 0,548), pengetahuan (p value 1.000) dan dukungan keluarga (p value 0,210) terhadap kepatuhan diet penderita diabetes melitus tipe 2.

Pembahasan : Diantara 30 responden yang menunjukkan patuh terhadap diet diabetes melitus tipe 2 hanya 8 (26,7%) responden yang patuh. Perbedaan jenis kelamin, tingginya tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan serta baiknya dukungan keluarga tidak dapat memengaruhi seseorang patuh terhadap diet.

Kata Kunci : Faktor, kepatuhan diet, diabetes melitus tipe 2

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI