DIGITAL LIBRARY



JUDUL:META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK
PENGARANG:RUSMALINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-25


                                             Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model inquiry-based learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau secara keseluruhan, jenjang pendidikan, topik fisika, dan jenis hasil belajar. Penelitian deskriptif ini dilakukan pada artikel jurnal nasional rentang tahun 2012 sampai dengan 2022. Penelitian ini menerapkan pembelajaran inquiry-based learning yang dianalisis dengan teknik meta-analisis. Penelitian ini meliputi 36 studi primer yang menghasilkan 38 sub penelitian sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan berpengaruh positif dan efektif terhadap hasil belajar dengan efek gabungan sebesar 1,097 dalam kategori besar. ES pada jenjang SMA/MA/SMK dalam kategori besar, sedangkan jenjang SMP/Mts dalam kategori besar. ES pada topik termodinamika, listrik, mekanika, dan lain-lain (tidak spesifik) dalam kategori besar, sedangkan topik momentum dan impuls dalam kategori sedang. ES pada hasil belajar psikomotorik, afektif, dan kognitif dalam kategori besar.

 

Kata Kunci: meta-analisis, model inquiry  based learning, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI