DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERUBAHAN SOSIAL PEDAGANG TRADISIONAL TERHADAP TEKNOLOGI DIGITAL DI PASAR LAMA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ARIA ADI PRASOJO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-25


Aria Adi Prasojo. Perubahan Sosial Pedagang Tradisional Terhadap Penggunaan Teknologi Digital di Pada Pasar Lama Kota Banjarmasin (pembimbing Sri Hidayah, M. Sc).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang proses cara perubahan pedagang tradisional Pasar Lama di Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin.

Penelitian mengambil pendekatan kualitatif dengan menggunakan dua tahap yaitu desk review dan teknik pengumpulan data lapangan yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat lima proses perubahan sosial pedagang Pasar Lama yaitu, Penciptaan, Penemuan Difusi, Akumulasi, dan Penyesuaian. Penciptaan merupakan proses pedagang dalam menerapkan inovasi pada dagangannya. Proses penemuan merupakan sebuah pemikiran yang menciptakan inovasi pada pedagang. Proses difusi merupakan penyebaran teknologi digital dengan adanya sumber pengenalan pedagang pada teknologi digital, selain itu terdapat sub proses mengenai antusias pedagang dalam mengenal teknologi tersebut. Pada proses Akumulasi dalam perubahan terdapat pengetahuan pedagang mengenai penggunaan teknologi digital yang sudah cukup membantu pedagang dalam bertahan di masa modern sekarang. Proses Penyesuaianmenjadi proses akhir dari perubahan kerena terdapat penerimaan dari pedagang Pasar Lama terhadap kehadiran teknologi digital, dengan menerima kehadiranya dan menikmati keadaan yang ada sekarang. Culture Lag merupakan kegagalan dari penerapan 5 proses perubahan, karena kehadiran teknologi digital dianggap berdampak negatif bagi pedagang Pasar Lama, dari masalah tersebut menjadikan beberapa pedagang tertinggal dan tidak dapat melakukan perubahan. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat 6 pedagang Pasar Lama yang telah berproses dalam melakukan perubahan dengan memanfaatan teknologi digital yang diambil sesuai dari teori Ogburn (1964). Selain itu juga terdapat 4 pedagang yang memiliki masalah dan keluhan sehingga mereka dikategorikan tertinggal atau gagal dalam mengikuti perubahan di zaman sekarang.

Kata kunci: Perubahan, Pedagang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI